Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree. - Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree memang sudah tak asing bagi telinga kebanyakan orang.

Perangkat tersebut sudah terlalu familiar dikarenakan kita sendiri sering memakainya dan seringkali ditafsirkan sebagai perangkat yang sama baik bentuk maupun fungsinya.

Pernahkan berfikir tentang perbedaan diantara perangkat-perangkat tersebut?, atau berfikir perangkat yang sering kita pakai tersebut termasuk tipe yang mana. Sedikit penjelasan mengenai perangkat-perangkat tersebut, cekidot.

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

  • Headset.
Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree.
Headset merupakan perangkat audio dimana dua device digabung menjadi satu. Yakni perangkat input (mikrofon/microphone) dan perangkat output (speaker).

Mengenai bentuknya sendiri, istilah headset ditujukan untuk perangkat yang lebih besar, dimana bagian speaker hampir menutupi atau bahkan menutupi telinga pemakainya.

Hal ini dimaksudkan agar suara yang dihasilkan terdengar maksimal.

Sedangkan dari segi design, headset pada umumnya melingkar ke bagian atas kepala dan pada salahsatu speakernya (biasanya bagian sebelah kanan) terdapat unit mikrofon.

Dari segi penggunaan, headset lebih sering dipasangkan dengan PC ketimbang perangkat mobile. Kebanyakan dipakai untuk video chat, video call, conference, skype dll.

Sedangkan dari segi koneksi, headset biasanya menggunakan 2 buah jack ukuran 3,5mm yang dihubungkan dengan soundcard di PC.

Jack pertama sebagai input (mikrofon), dan jack satunya sabagai output (speaker). Seiring dengan perkembangan jaman, koneksi headset pun semakin beragam.

Diantaranya menggunakan bluetooth dan ada pula yang menggunakan USB dengan soundcard yang terintegrasi di dalamnya.

Cek Daftar Harga Headset di Pasaran
  • Headphone.
Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree.
Headphone tidak jauh berbeda dengan headset, dari segi design pun tidak banyak perbedaan.

Hanya saja headphone tidak memiliki perangkat input (mikrofon) seperti halnya headset.

Ketidakhadiran mikrofon tersebut nampaknya menjadi satu-satunya pembeda jika dilihat dari segi fungsinya.

Akhir-akhir ini headphone lebih sering dipasangkan dengan perangkat mobile seperti handphone, smartphone, tablet bahkan MP3/MP4 player.

Di negara-negara barat bahkan asia timur nampaknya sedang booming menggunakan headphone, mendengarkan musik pun kini semakin menyenangkan dengan hadirnya berbagai design dan warna yang menarik.

Cek Daftar Harga Headphone di Pasaran
  • Earphone.
Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree.
Dari segi fungsi, earphone tidak berbeda dengan headphone.

Hanya saja earphone memiliki bentuk yang jauh lebih kecil dan ringkas sehingga mudah dibawa kemana pun bahkan dapat dimasukkan ke dalam saku baju ataupun celana.

Sekilas earphone ini mirip dengan handsfree namun tanpa tombol audio tambahan yang biasanya terdapat pada daerah percabangan kabelnya.

Penggunaannya cukup dimasukkan ke dalam telinga bagian luar, sehingga perangkat ini bisa digunakan sambil tiduran tanpa mengganggu kenyamanan.

Perangkat ini biasanya disertakan dalam paket penjualan perangkat-perangkat pemutar musik ataupun video portable (MP3/MP4 player).

Cek Daftar Harga Earphone di Pasaran
  • Handsfree.
Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree.
Handsfree adalah earphone dengan tambahan beberapa alat tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi.

Dari segi design, handsfree lebih mirip earphone. Handsfree biasanya memiliki tambahan satu unit mikrofon dan satu atau beberapa tombol fungsi yang terintegrasi menjadi satu.

Tombol fungsi disini biasanya digunakan untuk menerima atau memutus panggilan, dial beberapa nomor panggilan terakhir, memainkan atau menghentikan pemutar media, dan beberapa tipe tertentu menyediakan tombol audio seperti play, pause, next, prev dan stop.

Handsfree biasanya disertakan dalam paket penjualan perangkat-perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Sedangkan dari segi koneksi perangkat ini kebanyakan menggunakan kabel dan bluetooth.

Cek Daftar Harga Handsfree di Pasaran

Dari ulasan-ulasan singkat tersebut sudah dapat dibedakan perbedaan antara headset, headphone, earphone dan handsfree, baik dari segi bentuk maupun fungsinya.

Nama-nama tersebut mungkin tidak lebih dari sekedar istilah karena dalam penggunaannya kita sering kali salah kaprah dalam menyebutnya.

Terlebih menurut orang awam, perangkat-perangkat tersebut biasanya diartikan sebagai "benda" yang sama.

Simak pula artikel Customations yang lain mengenai Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook, juga Perbedaan Antara Monitor LCD dan Monitor LED
loading...

1 Komentar Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

EL'S Computer said...

Misi gan, izin share ya...

A455LN-WX030D Graphic
Price Rp 9.799.000

Spesifikasi :

Prosessor : Core i7-5500U - Up to 3GHz
Memory : 4GB
Hardisk : 1TB
DVD-RW
Layar : 14”
VGA : GeForce GT 840M 2GB
Bluetooth

Kunjungi website kami untuk produk lainnya



Terimakasih.... :)

Post a Comment
Back To Top