Customations

Custom informations mengenai komputer, gadget dan seputar teknologi terbaru.

Cara Melihat Isi File Cache Browser Firefox dan Chrome

Melihat Cache Browser.

Halo kawan, setelah sebelumnya kita membahas tentang cara memblokir website atau situs web tertentu, sekarang kita akan mencoba melihat-lihat apa saja yang terdapat dalam cache browser kita setelah beberapa lama kita berseluncur. Apa itu cache browser atau bahasa sononya 'browser cache' ?. Cache browser merupakan sebuah folder tempat menyimpan semua file yang terbuka saat sebuah browser mengakses halaman tertentu. File-file disini bersifat temporer atau sementara dengan format yang beragam seperti gambar, file audio, file video, file css, javascript dan lain-lain. File-file tersebut eksis di dalam cache selama kita tidak membersihkannya menggunakan system cleaner. Namun karena file tersebut berbentuk binary maka kita memerlukan sebuah tool khusus untuk bisa membuka dan 'membacanya'.

Cara Melihat Isi File Cache Browser Firefox dan Chrome.

Untuk bisa membaca isi dari file yang terdapat didalam cache sebuah browser, kita membutuhkan tool yang bernama cache viewer. Kali ini saya akan membahas tentang cara melihat cache browser Firefox dan Chrome yang saya unduh dari website pengembangnya yaitu NirSoft. Untuk yang pertama mari kita mulai langkah-langkahnya.
  1. Untuk membuka cache browser Firefox kita membutuhkan tool MozillaCacheView. Tool ini bekerja untuk semua browser besutan Mozilla.
  2. Unduh tool MozillaCacheView tersebut dan unzip file yang sudah berhasil diunduh tadi.
  3. Setelah file MozillaCacheView terekstrak, klik dua kali untuk menjalankannya.
  4. Tunggu beberapa saat, jika anda telah lama berseluncur dengan browser Firefox dan cache yang tersimpan berukuran cukup besar, MozillaCacheView mungkin memerlukan waktu yang agak lama untuk men-decoding semua file cache tersebut.
  5. Seperti dibawah ini tampilannya.
Cara Melihat Isi File Cache Browser Firefox dan Chrome
Jika anda ingin menyimpan file-file tersebut, disediakan pilihan 'Copy Selected Cache Files To..' atau 'Open Selected Cache File' untuk melihat pratinjaunya.
Untuk membuka file cache dari browser Chrome, langkahnya sama seperti di atas karena berasal dari developer yang sama. Untuk browser Chrome, anda membutuhkan ChromeCacheView sebagai cache viewernya.
Cara Melihat Isi File Cache Browser Firefox dan Chrome
Seperti itu, semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih salam Customations !.
Baca juga ya :
  1. Cara Download Video dari Youtube Menggunakan Video DownloadHelper
  2. Error 403 Forbidden, Apa Penyebabnya ? 
  3. FreeDownloadManager, Download Manager Versi "Gratisan"
loading...

0 Komentar Cara Melihat Isi File Cache Browser Firefox dan Chrome

Post a Comment
Back To Top