Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' pada Layar Monitor LCD Secara Manual

Stuck Pixel pada Layar Monitor LCD

Halo kawan, diantara anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah layar LCD. Layar LCD (Liquid Crystal Display) adalah tipe display yang menggunakan sistem panel kristal cair yang membentuk grid-grid matriks yang terbentuk dari 3 warna dasar yaitu RGB. Matriks-matriks tersebut hanya menghasilkan warna dan tidak menghasilkan cahaya, maka dari itu tipe layar seperti ini memerlukan backlight atau cahaya latar untuk dapat dilihat oleh mata telanjang.

Layar tipe LCD memerlukan perawatan khusus untuk menjaganya tetap tampil dengan prima. Merawat layar LCD sebenarnya tidak susah, hanya butuh ketelatenan dan perlakuan yang hati-hati agar tidak tidak terjadi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan seperti dead pixels atau stuck pixels. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas salah satu dari masalah tersebut yaitu stuck pixels.

Apa yang Dimaksud dengan Stuck Pixels?

Cara Memperbaiki Stuck Pixel pada Layar Monitor LCD Secara Manual
Stuck pixel (s) adalah sebuah bentuk cacat yang terjadi pada layar tipe LCD, biasanya berbentuk sebuah bintik atau bahkan lebih yang hanya menampilkan satu warna dasar seperti merah, hijau atau biru. Stuck pixel beda dengan dead pixel, dimana dead pixel adalah matriks LCD yang 'mati' dan hanya menampilkan warna putih. Warna putih tersebut sebenarnya adalah warna yang berasal dari lampu backlight, karena sebenarnya dead pixel tidak menghasilkan warna apapun alias matriks 'kosong'. Baik stuck pixel maupun dead pixel penyebabnya hampir sama, bisa karena benturan, perubahan suhu yang mendadak di sekitar matriks LCD, medan magnet, kesalahan hardware atau bahkan usia layar LCD itu sendiri mengingat seiring berjalannya waktu layar LCD dapat mengalami penurunan kualitas.

Bagai mana cara memperbaiki stuck pixel (s) ? berikut ini akan kita bahas beberapa caranya. Namun perlu diingat, perbaikan disini tidak menjanjikan layar LCD kembali ke kondisi semula. Kita hanya akan mengusahakan siapa tahu stuck pixel tersebut tidak bersifat permanen dan dapat diatasi dengan cara manual. Jika cara ini berhasil, kita tidak perlu mengeluarkan biaya servis atau bahkan membeli layar LCD baru. Lakukan percobaan ini dengan hati-hati untuk menghindati kerusakan permanen.

Cara Memperbaiki Stuck Pixel pada Layar Monitor LCD Secara Manual.

  • Memberikan Tekanan.

Salah satu penyebab stuck pixel adalah karena benturan atau tekanan yang berlebihan pada matriks LCD. Maka dari itu, salah satu solusinya adalah memberikan tekanan kembali pada matriks yang mengalami stuck pixel. Tujuannya adalah merekondisi matriks seperti saat terjadi benturan, dimana benturan mungkin mengubah struktur matriks tersebut. Caranya :
  1. Nyalakan layar LCD, tampilkan gambar yang memiliki area gelap agar stuck pixel terlihat jelas.
  2. Ambil sebuah benda yang berujung tumpul dan agak membulat serta memiliki permukaan yang halus. Benda tersebut bisa berupa ujung pena bagian atasnya, bisa juga ujung sikat gigi atau apapun yang kira-kira berbentuk seperti kapsul. Misalkan saja disini kita menggunakan ujung pena/pensil.
    Cara Memperbaiki Stuck Pixel pada Layar Monitor LCD Secara Manual
  3. Tekan-tekan dengan hati-hati bagian stuck pixel menggunakan ujung pensil. Penekanan pada layar LCD menimbulkan perubahan matriks dimana area yang ditekan biasanya menampilkan riakan-riakan seperti pada permukaan air.
  4. Lakukan secara berulang dan perhatikan perubahan yang terjadi.
  5. Jika masih tidak ada perubahan, lakukan lebih keras namun dengan menggunakan perasaan jangan sampai kaca matriks LCD malah pecah.
  6. Untuk melakukan tekanan yang lebih keras disarankan menggunakan kain halus dan tekan sambil digerakkan di areal stuck pixel seperti gerakan mengurut.
  7. Lakukan dengan hati-hati sambil dilihat perubahannya.

  • Memberikan Panas.

Pemanasan adalah alternatif lain untuk mengatasi stuck pixel. Pemberian panas tidak boleh sembarangan mengingat layar LCD bersifat sensitif dan getas. Suhu yang diberikan dalam proses pemanasan tidak boleh melebihi 80 derajat Celcius dikarekan layar LCD dapat mengalami kerusakan permanen. Caranya :
  1. Ambil sebuah kain lap berukuran kecil, bisa juga sapu tangan.
  2. Panaskan air sampai hampir mendidih, basahi lap / sapu tangan dengan air panas tersebut.
  3. Masukkan lap / sapu tangan kedalam kantong plastik transparan.
  4. Tekan-tekan bagian stuck pixel pada layar LCD dengan sapu tangan panas yang sudah dibungkus palstik tersebut.
  5. Perhatikan perubahan yang terjadi.
Seperti itu, untuk pembahasan selanjutnya kita akan mengulas tentang Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' pada Layar Monitor LCD Menggunakan Software serta Tips dan Cara Merawat Layar Monitor LCD dan Monitor LED. Semoga pembahasan tentang Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' pada Layar Monitor LCD Secara Manual kali ini dapat bermanfaat. Customations !
loading...
Cara Memperbaiki 'Stuck Pixel' pada Layar Monitor LCD Secara Manual
4/ 5
Oleh