Cara Mengatasi Error Consider Replacing Your Battery pada Laptop

Error Consider Replacing Your Battery.

Halo kawan, jika anda pengguna Windows 7, mungkin sebagian diantara anda ada yang mengalami masalah seperti ini. Dimana pada ikon baterai terdapat tanda 'cakra' berwarna merah berkedip atau permanen.

Sewaktu laptop di-charge, ada 'cakra' berwarna merah pula pada ikon battery charge. Masalah ini memang menjadi sebuah bug bagi Windows dimana pihak Microsoft sendiri mengeluarkan pernyataan terkait hal ini.

Mengingat pesan error tersebut tidak hanya dialami oleh pengguna yang baterainya sudah 'soak' namun juga dialami oleh baterai normal sekalipun. Saya sendiri mengalaminya padahal saya rasa umur baterai yang saya pakai masih terbilang baru dengan pemakaian yang wajar dan selama ini saya melakukan perawatan untuk menjaga kinerja baterai.

Penyebab Munculnya Pesan Error Consider Replacing Your Battery

Consider Replacing Your Battery
Secara teknis, ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya error Consider Replacing Your Battery, masalah yang paling umum diantaranya :
  1. Sistem Windows belum terupdate.
  2. Perawatan yang salah terhadap baterai.
  3. Menginstal driver atau software tertentu yang mengakibatkan driver baterai tidak berjalan semestinya.
  4. Charger dipasang waktu baterai masih terisi penuh.
  5. Masa pakai baterai telah habis.
Untuk dapat melihat system report secara detail mengenai penggunaan baterai, lakukan langkah pengecekan Power Efficiency Diagnostics Report mengenai baterai yang kita gunakan.

Cara Mengatasi Error Consider Replacing Your Battery.

  • Update System Windows.

Cara ini berkaitan dengan masalah pada poin pertama. Biasanya masalah error Consider Replacing Your Battery ini muncul saat laptop kita sehabis diinstal ulang. Kemungkinan penyebabnya adalah beberapa file yang dibutuhkan oleh hardware baterai untuk beroperasi tidak terinstal dengan benar. Mungkin juga pada saat instalasi Windows ada beberapa error yang tidak kita sadari sehingga Windows update tidak mengidentifikasi sistem baterai kita. Solusinya yaitu dengan mengupdate system Windows kita melalui Control Panel>System and Security>Windows Update.

  • Update Driver Baterai.

Update Driver Baterai Laptop
Untuk mengupdate driver baterai, ketikkan device pada start search di Start Menu. Cari dan klik Device Manager di hasil pencarian sebelah atas. Setelah jendela Device Manager terbuka, klik kanan pada Microsof ACPI-Compliant Control Method Battery > Uninstal. Sampai disini lihatlah perubahannya terlebih dahulu. Icon baterai akan menghilang dari system tray namun itu tak masalah, restart dan lihat perubahannya. Jika masih belum ada perubahan, coba pilihan Update driver software.

  • Cara Manual.

Cara ini terbilang paling gampang, kita akan 'menguras' isi baterai. Pertama lakukanlah proses charging sampai level baterai mencapai 100%. Cabut charger dan gunakan laptop sampai baterai habis dan sistem shut down dengan sndirinya. Hidupkan kembali laptop dengan sisa tenaga baterai seadanya, tunggu sampai laptop shut down kembali dan daya baterai benar-benar habis. Dalam keadaan laptop 'mati', charge hingga lampu indikator menunjukkan baterai penuh. Hidupkan kembali laptop dan lihat perubahannya.

Itu adalah beberapa langkah Cara Mengatasi Error Consider Replacing Your Battery pada Laptop yang bisa kita lakukan sendiri. Jika masalah masih saja muncul sebaiknya bawalah ke tukang servis atau jika masih dalam masa garansi sebaiknya klaim kepada pihak yang bersangkutan. Terima kasih, semoga membantu. Customations !
loading...
Cara Mengatasi Error Consider Replacing Your Battery pada Laptop
4/ 5
Oleh